Ternyata Begini Cara Mengatasi Mesin Motor Susah Hidup "HONDA TIGER"

 INILAH CARA MENGATASI MESIN HONDA TIGER YANG SUSAH HIDUP SAAT PAGI HARI ATAU KONDISI MESIN DALAM KEADAAN DINGIN



 



 Halo bro dan sis semua, selamat beraktifitas bagi kalian yang sedang menjalani kesibukan sehari-hari atau yang sedang santuy menikmati kehidupan yang pahit, canda gan :}, dan salam satu nafas.


Bagi kalian yang mempunyai motor Honda TIGER  pabrikan lawas yang masih menggunakan sistem karburator pasti sering mengalami kesulitan saat menghidupkan mesin di pagi hari atau motor dalam kondisi tidak menyala kurun waktu yang cukup lama.


Salah satu penyakit pada motor Honda TIGER yang paling sering terjadi yaitu susah untuk di hidupkan, penyakit motor ini mempunyai banyak faktor. Tidak heran jika motor ini membutuhkan banyak perhatian yang ekstra mengingat umurnya yang bisa di bilang tidak muda lagi.


Jika kita selidiki penyebab sebenarnya kenapa motor ini susah untuk di hidupkan yaitu:


1. Campuran Bahan Bakar Dan Udara Pada Karburator Sedikit Atau Hilang


Kenapa demikian, Sebab punya Sebab bisa hilang karena campuran bahan bakar dan udara tadi berbentuk gas, bisa di katakan campuran antara bensin dan udara yang terdapat pada karburator keluar dengan sendirinya melalui saluran pembuangan di karburator, saringan udara, atau knalpot motor walapun dengan proses yang sangat lambat.


Ringkasnya semakin lama motor itu tidak di nyalakan maka, akan semakin sedikit gas atau campuran bahan bakar dan udara di dalam karburator. Lalu solusinya apa gan?

Solusi

Solusinya terdapat pada komponen yang ada di karburator yang bernama Choke atau cuk. 

Caranya dengan membuka cuk putar gas full tahan selama 10 detik, jika sudah sampai 10 detik lepaskan gas dan tutup lalu hidupkan motor dengan di starter atau di engkol, ulangi kembali cara tadi setelah dua kali starter jika mesin masih tidak mau menyala.


2. Busi


contoh gambar busi


Indikasi penyebab susahnya mesin hidup bisa terjadi pada busi yang sudah rusak atau tidak layak pakai lagi. Periksa pada busi, karena busi sebagai komponen pemantik api untuk menyulut terjadinya pembakaran tidak berfungsi secara maksimal, jika api yang di hasilkan sangat kecil sehingga tidak mampu untuk membakar campuran bahan bakar dan udara maka harus di ganti dengan yang baru.


3. Celah Klep


Apa bila celah klep terlalu sempit atau bocor bisa mengakibatkan mesin menjadi susah untuk di hidupkan karena gas hasil pengkabutan dari karburator yang masuk ke dalam ruang bakar [silinder] terlalu sedikit.

Akibat lain klep bocor kompresi mesin menjadi turun alhasil mesin susah hidup dan tenaga drop.



  Perlu kalian ketahui umunya ada tiga item yang bisa di bilang basic atau kunci dari motor bakar yakni: Bahan bakar, Kompresi dan pengapian. nah, jika bahan bakar dapat mengabut secara sempurna, kompresinya ideal dan pengapian bagus, di jamin mesin akan mudah untuk di hidupkan.


Ada pun indikasi lainnya seperti karburator kotor, tangki motor kemasukan air dan spul rusak. Maka sering-seringlah mengecek kendaraan dan servis di bengkel resmi.


Itulah tadi ulasan mengenai cara mengatasi mesin motor Honda TIGER susah hidup, apabila ada salah atau kurangnya dalam penjelasan yang kami berikan, kami minta maaf. 

Semoga bermanfaat....


















 

Posting Komentar untuk "Ternyata Begini Cara Mengatasi Mesin Motor Susah Hidup "HONDA TIGER""